Jumat, 23 Juli 2010

MENGAJAR PUBLIC SPEAKING BUAT CALON REPORTER CILIK

“Gimana sih cara mengatasi gugup, Kak?”

“Ekspresi beda nggak sama mimik?”



Itulah sebagian pertanyaan anak-anak pada saya, saat saya mengajar di kelas Kids Reporter 2010 yang berlangsung pada tanggal 21 Juli 2010 di Hotel Tropical, Jakarta Barat. Di kelas ini, saya mengajarkan public speaking untuk anak-anak ini.

Kelas public speaking ini adalah salah satu event yang digelar Danone Aqua dalam rangka ajang pencarian reporter cilik untuk meliput World Final Danone Nations Cup 2010 yang akan berlangsung di Afrika Selatan. Keren nggak tuh? Nah, supaya komunikasi mereka mantabs, saya ditunjuk oleh Danone Aqua untuk men-training ketujuh anak ini public speaking.




Saya takjub, pertanyaan-pertanyaan ketujuh anak ini. Mereka pintar-pintar! Maklumlah, mereka adalah anak-anak pilihan dari 6 kota besar yang menjadi ajang seleksi 22 Mei sampai 22 Juni 2010 lalu. Kota-kota besar yang dimaksud adalah Yogyakarta, Makassar, Semarang, Medan, Bandung, dan tentu saja Jakarta. Jangan-jangan ada di antara ketujuh anak ini adalah anak Anda?

Anak-anak ini akan dihadirkan ke Jakarta untuk diasramakan. Istilahnya masuk ke Training Camp. Di camp ini mereka akan di-tarining. Ada dua kali Training Camp. Training Camp I dilaksanakan pada 24-25 Juli 2010. Setelah tanggal itu, mereka masuk ke Training Camp II. Anak-anak yang terpilih jadi Kid Reporter, akan berangkat ke Afrika Selatan pada tanggal 29 Sep-3 Oktober 2010.


Saya bersama ketujuh perwakilan Kid Reporter 2010. Mereka pintar-pintar, lho!


Seperti yang saya ceritakan di atas, pertanyaan-pertanyaan mereka luar biasa cerdas. Namun, seringkali ketika ada pertanyaan, jawaban mereka pun sungguh tidak terduga. Bisa jawaban yang betul, bisa jawaban yang menggelikan, seperti jawaban dari pertanyaan di atas tadi soal mengatasi cara gugup. Jawaban ini diutarakan oleh wakil dari Makassar. Anda tahu jawabannya apa?

“Caranya, kamu lari-lari di tempat sampai berkeringat. Nah, kalo sudah berkeringat, dijamin, kamu tidak akan gugup lagi.”

Oh iya, ngomong-ngomong soal public speaking, saat ini saya di bawah naungan HUGHES STAR ACADEMY sedang membuka kesempatan bagi para sekolah yang mau memasukkan ekstrakurikuler public speaking. Nah, di kelas ini, saya akan datang ke sekolah dan mengajar public speaking untuk siswa-siswi, mulai dari SD sampai SMA. Kalo ada sekolah yang tertarik, bisa hubungi langsung ke mas Brill di 0819-08097077 atau e-mail ke bkjn21@yahoo.com.

Yang menarik, selain kelas public speaking, HUGHES STAR ACADEMY ini ada materi tambahan lain yang keren, lho, yakni kelas jurnalistik, menulis, membuat komik, maupun membuat film.



all photos copyright by Brillianto K. Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.